Rabu, 18 Mei 2011

Bukan Begitu Caranya.. .

Beberapa bulan lalu Pak Rudi, guru TIK gue, memberi tugas suruh membuat blog. Gue sebagai anak hadiah mountea yang polos, lugu, bego' dan dungu nggak ngerti gimana caranya bikin blog. Boro-boro bikin! tau yang namanya blog aja baru hari itu!. Singkat cerita, terciptanya blog sampah ini dikarenakan bantuan pembantu-ku, Ochien. Masalah baru!! Masalah baru!! muncul pertanyaan dalam benak "Mau diisi apaan nih?". Yang terlintas pertama adalah "gimana kalo gue isi ni blog ama foto-fotonya Miyabi?". Namun, bayangan itu pupus sekitika dikarenakan terlalu beresiko untuk anak polos seperti ku. Selang beberapa menit, ada bisikan ghaib yang menyuruhku untuk ................................................................................................................................................................................................................................segera mandi. Tapi ternyata itu suara nyokap gue yang lagi setrika baju dibelakang sehingga suaranya terdengar seperti bisikan. Disaat mandi itulah aku berpikir keras. Otak soak-ku sedikit demi sedikit bergerak dan memunculkan sebuah gambaran akan jadi apa blogku nanti. "Kenapa gak gue ceritain aja apa yang terjadi di sekeliling gue? toh, menurut gue selalu ada yang spesial dibalik setiap kejadian maupun seseorang". 

Malam itu juga, banyak temenku yang pada promosiin blognya lewat FB maupun sms (duuch Gught pendtink bungudth dech!). Aku liat satu persatu blog milik mereka. Kebanyakan sih, garing!. Ada yang postingannya satu doang. Ada yang belom posting (kayak punya gue bagus aja!). Nah, yang paling bikin gue sebel adalah ketika gue liat isi blog punya salah satu temen gue yang isinya gue rasa gak mungkin banget dia yang buat alias cuma COPY AND PASTE dari blog lain. 

Hari hari berganti. Saatnya penilaian tugas blog. Gue heran, pak Rudi dengan bangganya bilang "ini lho anak anak, blognya bagus. Isinya menarik. Pengunjungnya banyak.". Gue mengernyitkan dahi. Terus terang aja, gue emang suka buka satu blog yang isinya tentang info info unik around the world gitu deh. namanya JELAJAH UNIK. "Bukannya itu yang ada di 
JELAJAH UNIK ya? bangga banget punya murid yang bisanya cuma COPPAST?" batin gue. Temen gue yang lain pada teriak "pak!! itu blog isinya coppast-an doank!!". Pak Rudi menghiraukan tapi wajahnya datar.

Menurut gue, suatu penjiplakan tidak bisa diacungi jempol. Bagaimanapun, kita bakal lebih puas kalo itu bener bener hasil dari pemikiran kita sendiri. Dan menurut gue lagi, memberi apresiasi pada karya jiplakan itu sama aja memupuk generasi plagiat pada jiwa jiwa muda. Mau lo dibilang kayak Malaysia yang bisanya nge-klaim punya orang? gak mau kan? makannya jangan suka memuji karya coppast-an apalagi jadi coppaster!

0 komentar:

Posting Komentar